UMDC 2013, Acara permbeljaran, perkembangan, dan kompetensi para Windows Phone




Hobi mengikuti perkembangan teknologi?

Hobi develop aplikasi windows phone 8?

Hobi desain aplikasi?

Komunitas MUGI (Microsoft User Group Indonesia) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) dan Program Studi Teknik Informatika UIN Jakarta akan mengadakan sebuah event yang bernama UIN Micro Developing Competition (UMDC) 2013. Acara ini merupakan wadah pengembangan minat para developer muda yang ada di Indonesia khususnya mahasiswa dan mahasiswi UIN Jakarta untuk menumbuhkan jiwa dan semangat berkompetisi dalam mendevelop dan menghasilkan sebuah karya berupa sebuah aplikasi mobile dengan platform Windows Phone.

Ada apa saja di acara ini? Acara ini adalah event kompetisi developing mobile application pertama yang ada di UIN Jakarta, khususnya dengan platform Windows Phone. Tapi buat kamu yang belum pernah nyobain developing windows phone jangan minder dulu yah. Ada juga workshop yang bisa kamu ikuti untuk mulai belajar dari awal. Di akhir event ini juga bakal ada seminar yang ngebahas tentang prospek Windows Phone di Indonesia. Wiiih bakalan berguna nih buat kamu para developer yang masih bertanya, apasih keuntungannya menjadi developer Windows Phone. Bakalan dibahas semua disini :D

Berikut ini penjelasan dari masing-masing rangkaian acara yang ada di UMDC kali ini:

1. Workshop


Acara workshop akan berlangsung pada tanggal 11,12,13 November 2013 di Pusat Laboratorium Terpadu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hari pertama “Fundamental of C# programming language”, membahas mengenai fundamental pembangunan aplikasi windows phone, yaitu bahasa pemograman C#. Workshop pertama akan membahas dari awal tentang bahasa pemrograman yang digunakan saat developing aplikasi. Jadi teman-teman dapat mengerti sintax-sintax yang akan digunakan saat developing aplikasi tersebut.

Hari kedua “Modern UI Design”, membahas mengenai tampilan modern design yaitu desain yang mendasari aplikasi Windows Phone 8 dan bagaimana cara membuat serta mengimplementasikannya. It’s all about designing Windows Phone Interface pokoknya :D

Hari ketiga “Windows Phone 8 Development”, di hari terakhir teman-teman akan dibimbing pembuatan aplikasi secara penuh. Di sini teman-teman akan mulai diajarkan membuat aplikasi Windows Phone ditambah dengan pengetahuan yang sudah didapatkan sebelumnya. Teman-teman semua setidaknya akan mengasilkan satu buah aplikasi pada workshop ini.

2. Kompetisi


Kompetisi pada UMDC kali ini dimulai dari tanggal 14 Oktober hingga 3 Desember 2013. Kompetisi ini berupa kompetisi aplikasi mobile yang berbasis windows phone. Kita akan melihat aplikasi mana yang paling bagus dan menarik dari teman-teman semua yang mendaftar dan mensubmit aplikasinya.

Kompetisi ini sifatnya free dan boleh diikuti oleh siapa saja. Batas mensubmit aplikasi adalah tanggal 23 November 2013. Setelah itu akan diadakan seleksi untuk mengambil 5 tim dengan 5 aplikasi terbaik yang nantinya akan mempresentasikan karya mereka pada saat seminar. Pemenang akan ditentukan di akhir seminar setelah mereka mempresentasikan karya mereka tersebut. Untuk detail kompetisinya seperti apa, silahkan cek di umdc.mugiuinjakarta.org :D

3. Seminar


Acara seminar ini akan diadakan pada tanggal 3 Desember 2013 di Pusat TIK Nasional (NICT) yang berada di sekitar area kampus 2 UIN Jakarta. Dalam acara seminar ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai peluang-peluang dalam dunia developing Windows Phone 8, dan juga akan diikuti presentasi hasil aplikasi yang telah dibuat dalam acara developing competition. Proses presentasi akan dibuat menjadi dua tahap yaitu pembukaan booth dan presentasi di depan juri. Teman-teman yang aplikasinya lulus seleksi tahap pertama bisa mengikuti booth ini dan mempresentasikan karya mereka.

Selain akan mendapatkan ilmu, teman-teman juga memiliki peluang untuk mendapatkan hadiah menarik jika memenangkan kompetisi tersebut. Hadiahnya menarik loh! Selain pemenang mendapatkan uang, teman-teman juga akan mendapatkan device windows phone, sehingga membantu dan memudahkan dalam developing windows phone 8. Total hadiah puluhan jutaan rupiah, jadi daftarkan diri kalian dan ikuti kompetisinya!

Untuk informasi lebih lanjut:

Website: umdc.mugiuinjakarta.org

Email: mugi_uinjkt@mugi.or.id

CP:Jessi 089608487979

Aldi 08567966566

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.