belajar membuat toko online dengan virtuemart




Virtuemart adalah open source e-commerce component untuk joomla dan mambo. Main basic virtuemart adalah kita dapat membuat katalog, mengelompokan jenis produk berdasarkan kategori, mengatur pembayaran, mengatur cara pengiriman dan menjual produk secara online. Seperti component e-commerce lainnya (osCommerce, Zen Cart, Magento) virtuemart memberikan akses kepada administrator untuk mengatur toko, mengatur produk kategori, mengatur customer / pelanggan dan lain sebagainya.

Perbedaan diantara virtuemart dan e-commerce lainnya adalah virtuemart terintegrasi dengan joomla bukan berdiri sendiri seperti e-commerce lainnya disinilah letak kefleksibelan dari virtuemart selain virtuemart berbasis GNU and GPL licensing yang membuat kita dapat menggunakannya secara gratis dan bebas untuk memodifikasinya. Seperti joomla viruemart dibuat menggunakan PHP dan MySQL untuk backend database maka berbahagialah orang yang menguasai bahasa PHP (bahasa Planet)


Features of Virtuemart, virtuemart sangat kaya akan fitur untuk menunjang sebuah online store layaknya e-commerce lainnya


General Features sebagai component joomla, vrtuemart full terintegrasi dengan joomla dan saling berbagi common features.


Standard Keamanan, Virtuemart menggunakan standard keamanan yang sama dengan joomla dan juga compatible digunakan dengan Secure Socket Layer (SSL) encrypton, up  to 128-bit. Encrypton ini menggunakan standard HTTPS Communication menambah virtuemart semakin aman untuk penjual dan pembeli.


Customers, customer virtuemart adalah customer yang juga terdaftar di situs joomla kita. Sekali customer mendaftar di joomla site kita maka otomatis ia juga terdaftar pada user list virtuemart secara keseluruhan. Ketika produk terjual habis di virtuemart shop maka keduanya baik penjual maupun pembeli akan menerima email laporan bila stok sudah habis terjual


Languages, Virtuemart mendukung multilingual kita bisa mendownloadnya free di http://www.virtuemart.net atau bahkan kita bisa menambahkan component joomfish yaitu component untuk menampilkan fitur multilingual. Selain support multilingual


Currencies, virtuemart juga support multi currencies yang mana pembeli dapat mengconvert jenis mata uang yang berlaku di masing-masing negara.


Product catalog features,  component virtuemart dapat menampung ribuan produk dan kategori didalam katalognya. Kita dapat mengatur multiple kategori untuk setiap produk yang kita jual dan setiap produk dapat dicari melalui klasifikasi pencarian berdasarkan nama, harga dan kategori. Di Virtuemart, produk katalog dapat di manage melalui joomla administrator dan dapat diatur bisa sebagai katalog saja hingga menhhilangkan fungsi buy now atau add to chart. Sebagai fitur tambahan virtuemart dapat menampilkan fitur download, customer review dan pay to download. Customer dapat mendownload setelah membayar sejumlah uang kepada penjual.


Administration Features Administrasi virtuemart, pengelolaan katalog dapat dilakukan di halaman administrator. Dalam membuat katalog kita dapat membuat multiple image dan file, multiple atribut, technical note dan lainnya hingga dapat membantu customer untuk menentukan pilihan. Kita bahkan dapat membuat atribut semisal jika kita menjual produk tshirt kita dapat menambahkan atribut seperti pilihan warna, ukuran sekaligus menentukan harga dari masing-masing produk tersebut ditambah dengan fitur product types artinya kita membuat penggolongan produk berdasarkan jenis produk itu sendiri seperti, T-shirt, music Album, Software, CDs, DVDs dan lainnya.


Manjakan cutomer, Satu lagi fitur virtuemart yakni dapat mengklasifikasi para pembeli berdasarkan keinginan kita artinya kita dapat memberikan harga-harga berbeda kepada setiap pelanggan (pelanggan tetap dan pelanggan tidak tetap pasti harus diberikan perbedaan harga bukan?).


Full administrator functions, Dari sisi Administrasi virtuemart bisa dihandalkan hingga anda tidak perlu menggaji akuntan untuk mengelola situs atau toko online anda karena virtuemart akan melaporkan secara rinci berapa item terjual, item yang sold out atau item yang tidak terjual sepanjang hari, minggu, bulan dan tahun semua laporan tersedia dengan rapih tanpa di korupsi (hehehehehe) disamping kita akan mendapatkan data statistik tentang custmer baru, produk baru, pemesanan baru, pembatalan pemesanan dan lain sebagainya.


Payments Modules, Untuk sebuah online store ini adalah hal yang paling penting. Virtuemart menyediakan bermacam-macam cara pembayaran artinya pembayaran dapat dilakukan dengan melalui credit card, cash, paypal, 2checkout dll.


Shipping modules, Toko online yang profesional tentu harus menyediakan metoda pengiriman barang yang profesional juga. Virtuemart adalah solusi yang memungkinkan kita menyediakan proses pengiriman barang yang dipesan konsumen. Secara default terdapat beberapa metoda pengiriman / shipping diantaranya InterShipper, UPS, USPS, FedEx, and Canada Post uniknya anda dapat menambahkannya lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.